Literature Review: The Influencing Factors of Parenting Patterns with Nutritional Status in Children with Disabilities

Authors

  • Silviana Wijayanti Prodi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Darussalam Gontor, Mantingan, Ngawi, Indonesia
  • Fina Fauziyah Prodi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Darussalam Gontor, Mantingan, Ngawi, Indonesia
  • Qothrunnadaa Fajr Rooiqoh Prodi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Darussalam Gontor, Mantingan, Ngawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62358/mgii.v2i2.25

Keywords:

nutritional status, children, disabilities

Abstract

Children with disabilities are children who have limitations in one or more abilities both in terms of physical and psychological. The growth of children with disabilities is strongly influenced by parenting, eating behavior, eating patterns and food intake provided by parents. The purpose of this study was to determine the factors that affect nutritional status in children with disabilities. The method used in this research is a literature review. The search for national articles used Google Scholar. The inclusion criteria were all articles with interventions that discussed parenting, eating behavior, food intake, and nutritional status in children with disabilities with articles ranging from 2012-2023. The results obtained are parenting, nutritional status, eating behavior, diet and food intake have an influence on the nutritional status of children with disabilities, so that all factors that can affect children with disabilities must be given more attention because they have a very influential impact on children with disabilities.

 

References

Al Faiq MF. Hak Anak Penyandang Disabilitas untuk Sekolah dan Berpendidikan. Konstr Sos J Penelit Ilmu Sos. 2022;2(3):87–94.

Firdawati F. Analisis Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Penyandang Disabilitas di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa 01 Cipayung Jakarta Timur. [jakarta]: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; 2017.

Lestari EY, Sumarto S, Isdaryanto N. Pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas di kabupaten Semarang melalui implementasi convention on the rights of persons with disabillities (CPRD) dalam bidang pendidikan. Integralistik. 2017;28(1):1–9.

Muktiwibowo A, Prayogi A. Peran Pekerja Sosial Masyarakat Dalam Memberikan Pelayanan Rehabilitasi Sosial Kepada Anak Penyandang Disabilitas Berbasis Masyarakat. Pekerj Sos. 2022;21(1).

Usop DS, Suniati S, Syarif DFT. Aspek Kognitif Penyandang Disabilitas. Pedagog J Pendidik. 2019;14(1):1–17.

Syafiqoti EA, Hadiati T. Pemenuhan Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas dalam Pelayanan Hukum. Manabia J Const Law. 2023;3(02):257–68.

Purnomosidi A. Konsep Perlindungan Hak Konstitusional Penyandang Disabilitas Di Indonesia. Refleks Huk J Ilmu Huk. 2017;1(2):161.

Siahaan M, Jasa CH, Anderson K, Rosiana MV, Lim S, Yudianto W. Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. J Inf Syst Technol [Internet]. 2020;1(2):186–93. Available from: https://journal.uib.ac.id/index.php/joint/article/view/4322

Juherna.Erna, Purwanti.Endah, Melawati U. SY. Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. J Golden Age. 2020;4(01):12–9.

Widari NP, Dewi EU, Astuti E. Peningkatan Peran Orang Tua Dalam Pemenuhan Gizi Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Balita. J Pengabdi Masy. 2021;2(2):55–9.

Daryati, Patmasari AP, Setyopambudi AN, Siyam N. Pengembangan Sakura (Sistem Konsultasi Tuna Wicara) Upaya Memperbaiki Pelayanan Kesehatan Disabilitas. HIGEIA J Public Heal Res Dev. 2019;3(3):337–44.

Sarah RA, S N. Perkembangan Siswa Berkebutuhan Khusus dan Siswa yang Tidak Biasa serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. J Ilm Wahana Pendidik [Internet]. 2020;6(4):938–45. Available from: https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/515

Qistina DS. Pemenuhan Nutrisi yang Tepat pada Anak Penyandang Autistic Spectrum Disorder (ASD) untuk Mendukung Terwujudnya Hak Sehat pada Anak. 2021;1–23.

Dayanti F, Pribadi F. Dukungan Sosial Keluarga Penyandang Disabilitas dalam Keterbukaan Akses Menempuh Pendidikan. Sosiohumaniora J Ilm Ilmu Sos Dan Hum. 2022;8(1):46–53.

Khasanah MDN, Hidayah A. Dampak Dukungan Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri 2 Bejiarum. PGMI J Pendidik Guru Madrasah Ibtidaiyah. 2023;1(2):78–82.

Rachman MA, Raihan M, Anida N. Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Merawat dan Mendukung Anak-Anak dengan Disabilitas. Relig J Agama, Sos dan Budaya. 2023;1(4):384–98.

Arrivanissa DS, Diponegoro U, Penyandang Penyandang DisabilitasTuna Netra dalam Perspektif Hukum dan Hak Manusia. :39–58.

Gea YK, Taftazani BM, Raharjo ST. Pengasuhan Positif Orangtua Dalam Melindungi Hak Anak Dengan Disabilitas. Share Soc Work J. 2023;13(1):60–73.

Jannah MM. Identification Parenting Methods in Kindergarten ABA Jogokaryan Yogyakarta. NASPA J. 2017;

Suryani U, Yazia V. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Anak Disabilitas Intelegensi. J Keperawatan. 2022;14(2):537–46.

Syaputri E, Afriza R. Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educ J Pendidik. 2022;1(2):559–64.

Wijayanti AP, Mutalazimah M. Hubungan Asupan Energi dengan Status Gizi Anak Autis di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kota Surakarta. J Kesehat. 2018;11(1):9–15.

Setyaningsih R. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Status Gizi pada Anak Berkebutuhan Khusus. J Kesehat Holist. 2019;3(2):1–16.

Imama H, Harahap S, Faishal M. Pola Komunikasi Interpersonal Guru dan Anak Penyandang Disabilitas Tunagrahita Kelas IX SLB C Muzdalifah Medan dalam Meningkatkan Kemandirian. Mukadhimah J Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sos. 2022;6(2):234–43.

Syahirani A. Hubungan tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua pada anak disabilitas di SLB Manunggal Slawi. [semarang]: Universitas Islam Sunan Agung Semarang; 2022.

Suharmanto, Lalu Dedy Supriatna, Dyah Wulan Sumekar Rengganis Wardani BN. Kajian Status Gizi Balita Berdasarkan Pola Asuh dan Dukungan Keluarga Relationship between Parenting and Family Support with the Nutritional Status of Toddlers. J Kesehat [Internet]. 2021;12(1):10–6. Available from: http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK

Casando NI, Hapis AA, Wuni C. Hubungan Pendidikan Ibu, Pengetahuan, Sikap Dan Pola Asuh Terhadap Status Gizi Anak. Jip. 2022;2(8):2429–32.

Setiadi R, Kebidanan J, Kemenkes Kalimantan Timur P, Wolter Monginsidi No J, Keperawatan J, Wolter J. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Status Gizi Balita: Systematic Review. Vol. 5, Mahakam Midwifery Journal. 2020.

Costa A, Martin A, Arreola V, Riera SA, Pizarro A, Carol C, et al. Assessment of Swallowing Disorders, Nutritional and Hydration Status, and Oral Hygiene in Students with Severe Neurological Disabilities Including Cerebral Palsy. Nutrients. 2021 Jul 14;13(7):2413.

Budhiana J, Nugroho TM, Utami RN. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Sosial Anak Penyandang Disabilitas Di SLBN Surade Kabupaten Sukabumi. J Kesehat. 2022;11(1):44–52.

Psikologi PS, Pendidikan FI, Surabaya UN. Gambaran Dukungan Sosial Orang Tua Yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual Di SLB Kabupaten Bangkalan Description Of Parental Social Support For Children With Intellectual Disabilities In Special Education Schools In Bangkalan District Sisilya M Stevan. 2023;10(03):597–608.

Martiani M, Herini ES, Purba M. Pengetahuan dan sikap orang tua hubungannya dengan pola konsumsi dan status gizi anak autis. J Gizi Klin Indones. 2012;8(3):135–43.

Syarfaini S, Syahrir S, Jayadi YI, Musfirah AA. Hubungan Tipe Pola Asuh dan Perilaku Makan dengan Status Gizi Anak Disabilitas Di SLB Negeri 1 Makassar Tahun 2020. 2021;

Fadillah A, Widajanti L, Nugraheni SA. Hubungan Asupan Gizi dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi (Skor z IMT/U) Anak Usia 7-12 Tahun Penyandang Disabilitas Intelektual di Kota Semarang. Media Kesehatan Masy Indones. 2020 Apr 1;19(2):108–15.

Yustiana V. Pengaruh Perilaku Makan dan Asupan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi Anak Disabilitas Intelektual di SLB BC Santi Mulia Surabaya. Gizi Unesa. 2023;3(2):313–9.

Ayun Q. Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA J Inov Pendidik Guru Raudhatul Athfal. 2017;5(1):102–22.

Buanasita A hatijah, nur. Hubungan Pola Makan, Aktivitas Fisik, Kecanduan Internet dengan Status Gizi Anak SMA selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Surabaya . Hub Pola Makan, Akt Fis Kecanduan Internet dengan Status Gizi Anak SMA selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Surabaya . 2022 Dec;6(1SP):107–16.

Rohani D. Hubungan Pengetahuan Gizi , Tingkat Kecukupan Zat Gizi , Dan. Student Res J. 2023;1(1):01–14.

Riyadi H, Martianto D, Hastuti D, Damayanthi E, Murtilaksono K. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Anak Balita Di Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. J Gizi dan Pangan. 2011;6(1):66.

Elvandari M, Kurniasari R. Hubunagn Asupan Zat Gizi Makro, Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu dengan Status Gizi Anak Autis di SLB Kota Bandung. J Gizi Masy Indones (The J Indones Community Nutr. 2023;12(2).

Published

2024-08-15

Issue

Section

Articles